Tuesday, September 24, 2013

Mas Black


Kalau aja rasa suka bisa segampang itu buat di akui?

Ini untuk pertama kalinya gue menyukai yang bukan biasanya. Seseorang yang kontras dengan pacar-pacar gue terdahulu. Malahan orang nyablak dengan entengnya bilang gini depan muka gue ‘populasi orang cantik malah demen ama cowo yang biasa-biasa aja. Lah, cewek yang biasa-biasa aja mau demen ama siapa?’ antara ngakak dan kasian gue denger omongan itu. Come on girls, jeruk nggak makan jeruk. (bagi jeruk yang menyukai kaum jeruk, gue mohon maaf lahir batin nih, peace bang!)Cowok yang manapun kalo masih normal mau ngelilingin dunia seribu malem pun ujug-ujug bakalan cewek juga yang didemenin.
Well, ini Cuma intro aja dari masalah gue. Saat ini gue lagi dilema soal mas black. Itu panggilan dari gue buat dia. ya Mas black kali ini berkulit kecoklatan, dengan postur yang tinggi, dan wajah yang manis. (entah kenapa gua nahan nafas saat harus nulis ini). Kalo boleh dibilang, saat ini gue sedang galau. Dan mas black salah satu penyebabnya. Bukan, lebih tepatnya kegalauan gue sendiri yang bikin muka gue lecek kayak topo abis di injek-injek,  padahal kebanyakan orang bilang sebenernya gue cakep. Gua ragu, apa bener gue suka mas black? Apa gara-gara mas black beda dari sebelumnya gua jadi nggak mengakui isi hati gue?
Saat ini mata kuliah IBD (Ilmu budaya dasar) sedang berlangsung. Tanpa sadar gue merhatiin muka dosen kaga kedip-kedip. Masalahnya ini dosen dateng Cuma sebulan sekali. Baru ada kesempatan buat gue negesin mukanya. Astagaaaaa, Dosen gua mukanya mirip Shinchan disatuin sama nobita. Silahkan lo bayangkan sendiri.
Pokoknya hari ini lengkap deh. Gue blank sepenuhnya. Untuk udah nggak ada mata kuliah lagi, jadi gue bisa merenung. Tiba-tiba Serena meluk lengan gue.
“apa-apaan lo? Jangan bikin gue keliatan naksir lo dong!” gue langsung masak muka belagak jijik.
“santai aja kali Fe, semua orang didunia ini tau gue hanya milik Dimas, dan lo jomblowati sejati”
“sialan lo”
Serena nyengir, bikin gue pengen matahin giginya. “ngapain lo ke kelas gue tumbenan”
“gue mau ngajak lo ke kedai langganan gue”
“kenapa harus kesana?”
“kalo gratis lo mau nolak?” gue berpikir sejenak. Nggak mau sih kan motto hidup gue ‘cinta gratisan’
“tumben lo neraktir gue, kesambet jin yang mana?”
“cerewet lo!”
“biar gue tebak, makanannya enak banget?”
“bukan”
“murah banget?”
“kurang tepat”
“terus?” gue keabisan akal, ini anak mukanya girang banget.
“mas-mas yang jualan ganteng banget” katanya sambil menaikkan alis.
“yee, baru aja lo memproklamirkan diri hanya milik Dimas seorang” gue toyor kepalanya dengan geram. Tapi Serena malah menghujani gue dengan segala keunggulan dan kualitas ketampanan mas-mas kedai-nya itu.
“seriusan gue, seharusnya lo berterimakasih gue ajak kesana. Kalo perlu lo ngiterin taman sambil teriak gini ‘makasih Serena udah ngajak gue ketempat ini’”
“kutu lo!”
“nah itu dia Fe” katanya sambil masang muka sok serius. “gue yakin kutu dikepala lo bakal bersorak girang dan loncat-loncat saking senengnya liat pemandangan indah. Sekali lagi lo harus berterimakasih pada gue” ucapnya dengan gaya sok bangga. Jelas-jelas gue nggak ngerti apa yang dia banggain.
“whatever” kata gue akhirnya. Secara nggak sadar, gua ngangkat tangan gua kekepala yang tiba-tiba terasa gatal. Sial. Gue tersindrom virus kutu stadium awal. awas aja ya tu, gue jamin lo bakal merosot ketanah kalo coba-coba hinggap di gue!
Gue terkejut mendapati kedai yang baru aja gue datengin bareng Serena. Bukan, bukan karena mas-mas yang katanya ganteng itu. Tapi karena mata gue bertemu pandang dengan tulisan ‘kedai galau bang Mike’ suatu nama yang perpaduannya nggak pas banget. Kenapa namanya nggak gini aja “kedai galau sepanjang hari” atau “kedai galau senantiasa abadi untuk selamanya”
Setelah makan gue pulang dengan muka masih kusut. Sedikitpun, gundah dihati gue belom ilang.
**
Sabtu yang cerah. Pagi yang indah buat senyum. Kalo pagi hari diawali dengan senyuman semoga buat ntarnya hari gue selengkung senyuman gue. Kadang bosen hidup yang datar aja. Gue berjalan kearah ruang TV untuk menajalankan ritual senyum pagi. Saat gue mau narik sudut bibir gue, tiba-tiba bunyi tak asing mengganggu kosentrasi gue
“preeet”
“sorry mba, pagi-pagi gini gue udah sms lo” ucak adek gue nongol dengan muka tanpa dosa. “yee, sopan dikit kek lo. Bau tau” gue sok-sok kesel. Padahal gue berniat mengacungkan senjata yang lebih hebat lagi.
“nih gue bales sms lu”
“preeeettttttttttttt duttttttttttttttttttttttt” dengan bunyi yang amat panjang dan irama kentut yang menurut gue indah banget. Gue tertawa puas. Tapi adek gue ngakak. Gue jadi tambah bingung. Harusnya dia merasa kalah dong, perang ‘bunyi indah’ bersama gue pagi ini.
“hahahaha”
“tau nggak sih mbak, cara lo kentut nggak elit banget”
Gue mendengus kesal. Dewi penyelamat muncul. Nyokap gue. “udah-udah biasa banget pagi-pagi gini perang kentut” ucap nyokap gue bijak. Mencoba mengajarkan etika kentut yang lebih sopan pada anak gadisnya.
“Mam, kentut kan sehat,” cerocos adek gue.
“tapi harus tau tempat dong, liat mba kamu mukanya udah kayak mau pingsan gitu” refleks gue megang pipi gue sendiri. Masa sih, kalo gitu berarti gue jadi pihak terzolimi oleh kentut adek gue yang tidak ber-peri ke-bau-an. Haaah, gue bener-bener nggak rela.
“preet” gue denger bunyi itu lagi. Dari sumber yang berbeda. Nyokap gue nyengir, “sorry ketelepasan, kan kentut itu sehat”
Gue geleng-geleng kepala. Keluarga pecinta ‘kentut frontal’
Nggak lama ponsel gue bunyi. Rafa a.k.a mas black. Gue langsung melonjak kaget. Sebenernya sih seneng. “halo” sapa gue dengan suara yang udah gue atur sedemikian rupa.
“Fe, malam ini kamu sibuk?”
“nggak..” ucap gue cepat. Bahkan terlalu cepat. Bodoh, ah gue nggak bisa acting dikit pura-pura nolak dulu gitu kek.
“aku jemput ya, jam 7”
“oke”
Mas black. Ucapannya. Sangat. Singkat.
**
Jam 7 malam

Mas black datang tepat waktu. Suara grusuk-grusuk dari atas menuruni tangga bener-bener berisik banget. Ulah adek gue, siapa lagi kalo bukan dia. “mbaaaa tahan!! Tunggu tunggu gue rapih nggak, cantik nggak?”
“emang lo mau ngapain sih?”
“bukain pintu buat mas black lah, udah mba lo siap-siap aja sana. Gue yang bukain pintu ya”
Gue mengernyit heran. Bener-bener nggak dikasih kesempatan buat ngomong. Wah adek gue bener-bener deh kalo gini namanya ‘adek makan kakak’. Gue keluar dengan senyum paling manis buat Mas black yang sekali lagi dia emang manis.
“yuk”
Ternyata hari ini mas black ngajak gue nonton. Gue sih nggak terlalu nikmatin filmnya. Gue terlalu sibuk mikirin ‘kenapa gue bisa senyaman ini?’. Sebelumnya mas black ngajak gue makan. Tapi rame banget. nunggu lama, antrean panjang. Akhirnya kita dapet juga duduk buat makan. tapi gue heran tiba-tiba mas black bangun dari kursinya. Gue mandangin gerak-geriknya dengan seksama. Mas black ngasih kursinya pada ibu-ibu yang lagi kebingungan nyari kursi buat anaknya duduk. “silahkan bu, pake aja, pasti capek kalo harus berdiri terus”
“terimakasih nak” ucap ibu itu sambil senyum, kearah mas black. Senyum lagi pas ngeliat gue “makasih mba, pacarnya baik banget”
Gue terenyuh. Ada getar-getar aneh pas ibu-ibu itu bilang ‘pacar nya baik banget’ bikin gue keliatan jadi cewek paling bahagia punya cowok yang perhatian dan pengertian sama orang lain. Diem-diem gue ngelirik mas black, dan keraguan itu... mendadak hilang.
**
“serenaaaa” teriak gue langung di telfon begitu sampe kamar.
“nggak usah pake teriak kali Fe, lo ngomong dari ujung monas juga gue denger, kuping gue kan ada dimana-mana” omelnya sambil nyerocos nggak jelas. Tapi gue nggak mau perduli. Gue butuh cerita.
“menurut lo kalo gue ngerasa keraguan gue pada mas black hilang itu wajar apa nggak?”
Serena diem sebentar lalu berkata dengan bijaknya, “nggak lah Fe, cinta itu bakal tetep ada, mau lo sangkal kayak apapun”
“tapi dia bukan kayak cowok gue yang biasanya, yang berkulit.. hem, putih”
“gue perlu tambahin ya, dia emang beda dari cowok lo yang biasanya, karena dia sama lu tulus. Beda kan dari mantan-mantan lo? Yang ngeliat lo karena lo cantik aja.”
“coba deh lo lihat lebih jelas, perasaan lo sebenernya ke dia kayak apa” nasihat Serena.
Lihat lebih jelas? Pake apa... pake teropong? pake mikroskop?
“gue pernah baca novel yang isinya gini, eh tapi lo jangan motong ucapan gue”
Gue manggut-manggut walau dia nggak bisa liat.
“seseorang yang mencintaimu karena fisik, karena lebih cantik atau lebih tampan, maka suatu hari nanti, dia akan meninggalkanmu untuk alasan yang sama.
Tapi bila seseorang mencintaimu karena kecantikan hatimu, kekayaan batinmu, dia tidak akan pernah pergi. Karena hati tidak pernah mengenal ukuran relatiflebih baik atau lebih buruk...”
Gue terdiam cukup lama. Tertegun.
“lo percaya hal itu kan?”
“tentu. Terimakasih teman”
“haha gaya lu kalo udah galau. Gue tutup ya, semoga lo segera tau isi hati lo”
Bener, sekarang gua udah tau isi hati gue. Gue yakin sama perasaan gue ke mas black. Nggak perduli dia bukan seperti yang biasa. Karena dia ada, dan istimewa. Sekarang tinggal nunggu kepastian dari mas black. Kalo dia nggak nembak-nembak gue? Well, gue juga nggak tau kedepannya gue bakal gimana.

-the End-

No comments:

Post a Comment